-->

XL Axiata hadirkan internet tercepat



Teknisi melakukan pengecekan dan perawatan pada perangkat Base Transceiver Station (BTS) XL Axiata di kawasan wisata Siring Menara Pandang, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (30/1/2023). ANTARA/Bayu Pratama S

Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk berupaya meningkatkan kualitas jaringan data tercepat guna mengimbangi tingkat trafik dari tahun ke tahun.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Senin, mengatakan pihaknya berinisiatif meningkatkan kapasitas jaringan, efisiensi, dan optimalisasi jaringan mencakup radio, transportasi, dan "core" termasuk fiberisasi dan implementasi teknologi 3G ke 4G untuk meningkatkan kecepatan unduh jaringan XL Axiata.


"Sejak awal tahun ini untuk merealisasikan tujuan, XL Axiata menetapkan fokus pembangunan jaringan yaitu meningkatkan kapasitas, efisiensi, serta optimalisasi guna menghadirkan pengalaman pelanggan (customer experience) yang lebih baik dari sebelumnya," kata Gede.

Gede menuturkan inisiatif dan upaya peningkatan kualitas jaringan itu guna mendukung kebutuhan gaya hidup digital masyarakat Indonesia yang terus meningkat.

Gede menambahkan pengalaman digital yang andal menjadi salah satu kebutuhan utama seperti kecepatan akses internet, kualitas sinyal di dalam ruangan, hingga koneksi saat main game atau mengakses konten hiburan.

Survey OpenSignal per Semester 1 pada 2022 menempatkan XL Axiata sebagai operator terbaik pada Kategori “Kecepatan unduh (Download Speed Experience)” dan “Pengalaman menonton dan streaming video (Video Experience)”.

Hal itu menurut Gede, menjadi bukti upaya keras XL Axiata dalam mengimplementasikan berbagai inisiatif dan meningkatkan kualitas jaringan pada 2023, serta survei yang dilakukan secara berkala itu juga menunjukkan langkah yang dilakukan XL Axiata untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan sudah efektif.


Teknisi XL Axiata melakukan pemeriksaan jaringan menjelang puncak Haul ke-18 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di kawasan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (25/1/2023). XL Axiata telah melakukan penguatan jaringan di sekitar area berlangsungnya acara pada 26 Januari 2023 mendatang. Terdapat lebih dari 60 BTS yang secara langsung mengcover lokasi pelaksanaan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul di Martapura Timur tahun ini. Foto Antaranews Kalsel/Bayu Pratama S.

Dari hasil survei, Gede mengungkapkan XL Axiata memiliki kecepatan unduh rata-rata tercepat, yaitu 18,7 Mbps lebih cepat 15,2 persen hingga 108,1 persen dibanding operator lain.

Sementara itu, pada Kategori Pengalaman menonton dan streaming video, XL Axiata meraih skor penilaian sebesar 44,8 poin dengan pertumbuhan akses streaming video yang meningkat pesat maka kualitas pengalaman pengguna menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

"Kualitas pengalaman akses streaming video diukur dari parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video, laju penundaan, dan lain sebagainya." tutur Gede.

Gede menambahkan fokus pembangunan jaringan XL Axiata yang telah dilakukan pada 2022, mencakup peningkatan customer experience, dengan dilakukan penerapan "intelligence and automation" guna meningkatkan kemampuan jaringan yang meliputi otomatisasi pada konfigurasi jaringan, "optimasi, self-diagnostic", serta pemulihan jaringan. 


XL Axiata juga sudah mengimplementasikan "automated optimization" untuk VoLTE services, serta value-based planning tools yang melibatkan beberapa aspek strategis bisnis dalam perencanaan jaringan dengan menerapkan aspek pertama intelligence and automation pada proses perencanaan hingga pengoperasian jaringan, sehingga XL Axiata dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan secara lebih cepat.

Aspek kedua memberikan pengalaman layanan digital yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti penyediaan layanan yang terintegrasi untuk "mobile consumer" dan "home", serta penyediaan kapasitas jaringan yang sesuai dengan kebutuhan tiap area. Lalu, aspek ketiga yang tidak kalah penting adalah menyediakan pengalaman layanan yang lebih andal, di mana untuk aspek ini XL Axiata menargetkan 100 persen ketersediaan jaringan dengan menambah BTS 4G yang menjangkau kota-kota di Indonesia.




Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat Anda dapat berkontribusi dengan mengeklik tautan di bawah ini:

Donasi Sekarang

YOU IS THE BEST