-->

Fungsi dan Kegunaan Menu-menu Blogger

 Setelah berhasil membuat akun blog, memahami fungsi dan kegunaan menu-menu blogger (blogspot) merupakan keharusan yang perlu di pelajari, terkhusus bagi yang baru mengenal situs blogger biasanya merasa bingung ketika ingin mengelolahnya.

Fungsi Menu Menu Blogger

Pertama kali saya mengenal situs blogger juga sempat berpikir apa bedanya menu postingan dengan menu halaman, toh sama untuk menulis juga kan. Bahkan lebih parahnya lagi, saya bisa mengenal menu-menu blogger ini dengan memakan waktu berbulan-bulan. Sebab waktu itu saya sangat gaptek betul terhadap teknologi.

Maka dari itu, hadirnya ulasan ini tak lain ingin membantu sobat yang masih merasa asing dengan tampilan blogger. 

Langsung saja untuk mempermudah sobat dalam memahami menu-menu blogger bisa perhatikan scrinshot beserta ulasanya sebagai berikut :

Menu Blogger

#1. Tombol Daftar Blog

Tombol ini berfungsi menampilkan dan menutup daftar blog yang kita miliki dan dibahawahnya terdapat tombol untuk membuat akun baru. Jadi 1 akun gmail bisa digunakan untuk membuat banyak blog. 

#2. Tombol Membuat Postingan Baru

Jika sobat ingin membuat postingan bisa klik + Postingan Baru, tombol ini bisa berubah menjadi + halaman baru ketika sobat klik menu halaman.

#3. Menu Postingan

Menu ini untuk menampilkan daftar postingan yang kita buat, melihat jumlah pengunjung yang telah membaca atau sekedar mampir dalam postingan yang telah di publikasikan. 

Kita selaku pengguna blogger.com juga bisa mengubah (edit ulang) atau menghapus postingan melalaui menu ini, baik itu yang sudah di publikasikan maupun yang masih berupa draf (belum di publikasi).

#4. Statistik

Dalam menu statistik, sobat bisa melihat seberapa banyak orang yang berkunjung di blog kita, jadi kita bisa menyaksikan jumlah tayangan harian maupun sekala bulanan.

Selain itu kita juga bisa mengetahui dari mana pengunjung itu bisa mampir ke blog dan konten kita. Apakah itu dari sosial media atau melalaui search engine google? yaa dengan cara memanfaatkan menu statistik.

#5. Komentar

Kalau dalam postingan kita hanya bisa melihat komentarnya saja, namun dengan menu ini kita bisa melihat jumlah komentar, atau bisa menghapus komentar yang bisa merusak reputasi blog yang sobat kelola.

#6. Penghasilan

Menu ini berfungsi untuk menghubungkan situs yang sobat kelola dengan google adsense (periklanan) jadi sobat bisa mendapatkan penghasilan jika blog sobat sudah bisa memenuhi syarat dan ketentuan dari google adsense. 

Menu Menu Blogger

#7. Halaman

Menu halaman digunakan untuk membuat halaman pelengkap. Contohnya seperti informasi contact, privacy policy, tentang blog, disclaimer, dan sejenisnya. 

Sedangkan menu postingan digunakan untuk menulis artikel (konten). Jadi sangat jelas sekali perbedaan dan kegunaanya, memang antara menu halaman dengan menu posts memiliki kesamaan dalam tampilannya. Namun, dari segi fitur tetunya lebih lengkap menu posts (postingan).

#8. Tata Letak

Pada menu tata letak (layout). Kita bisa menyesuaikan struktur atau elemen-elemen dalam blog, seperti menambah widget, mengatur posisi, menghapus widget, edit tampilan judul, dan lain-lain.

Agar lebih gamblang,  salah satu contohnya adalah menambah postingan populer atau mengatur posisi tata letak antara postingan populer dan widget profil.

#9. Tema

Dalam menu tema, sobat bisa seting tampilan blog sesuai tujuan membuat blog/website. Jika ingin membuat toko online, maka sobat bisa memasang tema mirip marketplace. Kalau membuat portal berita berarti tinggal pasang tema yang pas dan sesuai untuk portal berita.

Terkait Tema (template) bisa menggunakan bawaan blogger atau membuat sendiri. Kalau sobat tidak bisa membuat template bisa cari di Mbah Google juga banyak yang geratisan, namun lebih baik menggunakan yang premium dengan cara membeli di situs penyedia template blogger.

#10. Setelan

Sesuai dengan judulnya, tentu digunakan untuk mengatur setelan blog. Banyak yang bisa di atur dalam menu setelan ini, diantaranya adalah : Seting judul utama atau brand, menambah deskripsi singkat, Bahasa, privasi, ubah alamat blogspot, memasang domain TLD, setel postingan, komentar, undang penulis, dan selengkapnya akan sobat pahami saat praktek.

#11. Daftar Bacaan

Menu daftar bacaan yang ada di dasbor blogger ini untuk mengatur dan menampilkan daftar bacaan blog yang sobat ikuti.

#12. Tombol Lihat Blog

Tombol ini berfungsi untuk melihat atau mengunjungi blog sobat. Biasanya tombol ini sering terpakai ketika selesai membuat postingan, edit tampilan, menambah widget, atau setelah mendapat kritik dan saran dari teman-teman, dan sebagainya.

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat Anda dapat berkontribusi dengan mengeklik tautan di bawah ini:

Donasi Sekarang

YOU IS THE BEST