-->

Cara Membuat Subdomain di Blogger

 Apabila sobat ingin membuat halaman khusus atau blog baru menggunakan blogger, membuat subdomain juga merupakan solusi menarik. Apa itu subdomain? tentu bagi yang masih asing akan bertanya seperti itu, jadi tidak ada salahnya saya memberikan sedikit penjelasan agar yang gaptek juga bisa memahaminya.

Membuat Subdomain Blogger

Subdomain adalah pembagian area sebuah situs, lebih jelasnya sobat bisa perhatikan domain yang sekarang saya pakai di blog ini adalah www.masagung.web.id dan saya menambahkan sub dengan alamat bio.masagung.web.id di blog lain. Jadi sangat jelas perbedaannya antara (www dan bio) yang ada didepan nama alamat blog.

Untuk membuat sub tersebut apakah ada biaya atau beli domain lagi? Saya dulu sempat bertanya-tanya seperti ini, namun setelah mengetahui cara membuat subdomain di blogger ternyata gratis karena bagian dari domain utama yang telah kita beli. Berikut langkah-langkah kustom domain:

Cara Seting Domain Blogger

Langkah pertama, setelah sobat membuat blog baru langsung masuk ke halaman menu setelan dan cari fitur yang bernama domain kustom ada dibagian kategori Memublikasikan. Dalam fitur tersebut bisa di tambahkan subdomain sesuai dengan keinginan.

Lebih jelasnya perhatikan screnshoot dibawah ini dengan cermat:

Cara Kustom Domain Blogger

Setelah klik simpan, dalam blogger versi terbaru ini akan langsung tersimpan tanpa ada pesan eror seperti dahulu. Mengapa demikian? sebab googlehosted sudah diaktifkan di alamat domain utama (sudah terpasang dalam DNS Managemen).

Terus kita harus ngapain? Kita lanjut ke penyedia layanan atau tempat kita membeli domain, lebih jelasnya langsung pahami pengelolaan DNS.

Menambah CNAME dalam Kelola DNS

Langkah kedua, Kunjungi website tempat sobat membeli domain dan segera login untuk membuka menu DNS Managemen. karena website langganan kita berbeda-beda tentu tampilannya juga berbeda sehingga saya tidak bisa menampilkan gambar.

Akan tetapi, perbedaan tersebut tidak menjadi masalah karena cara mengelola DNS sama saja. Kalau saya sendiri menggunakan layanan IDwebhost kurang lebih tampilanya seperti ini:

Kelola DNS

Dalam membuat subdomain sobat hanya perlu menambahkan CNAME dengan nama host sesuai sub yang sudah ditambahkan di setelan blogger. Jika screnshot tersebut dicermati dengan betul pasti sudah paham cara menambahkannya sebab yang berbeda hanya terletak di nama host.

Nama HostType/Jenis RecordAlamat/ValuePrioritas/TTL
Nama SubCNAMEghs.google.comKosongkan Saja

Setelah berhasil menambahkan CNAME tunggu 1 - 24 jam dan subdomain yang telah sobat kustom di blog sudah bisa di akses.

Pertanyaan Umum Terkait Kustom Subdomain di Blogger

Berikut merupakan rangkuman pertanyaan-pertanyaan yang sering saya temui dalam komentar situs terpercaya yang sudah berpengalaman.

Mengapa subdomain tidak bisa digunakan di blog utama?

Sebab satu situs di Blogger hanya memiliki satu alamat domain. Ibaratnya 1 rumah, kalau alamatnya banyak berarti alamat palsu :D yang benar dan yang salah yang mana. Jadi kesimpulannya sobat bisa membuat blog baru dan tidak menggunakan blog yang sudah terpasang domain TLD.

Ingat, tidak harus membuat akun gmail lain sebab satu akun bisa digunakan untuk membuat banyak blog, caranya pada halaman dasboard blogger klik segitiga terbalik tempatnya disamping judul blog.

Bolehkan mengaktifkan pengalihan domain?

Tidak perlu di aktifkan tombol pengalihan situsanda.com ke sub.situsanda.com agar domain utama tidak terkena redirect (Cukup blog utama saja yang diaktifkan pengalihannya).

Pengalihan Domain

Ketika subdomain blogger sudah bisa di akses, maka bisa aktifkan fasilitas SLL (ketersediaan HTTPS) bagi yang membutuhkannya. Pemahaman sederhananya befungsi untuk meningkatkan reputasi, keamanan, dan kualitas SEO.

Apakah ada pengaruh buruk pada domain utama?

Setelah saya telusuri dari berbagai situs terpercaya menemukan percakapan antara mbak igniel selaku pemilik situs igniel com dengan pengunjungnya di komentar postingan yang bertanya seperti itu.

Jawab mbak igniel tidak ada pengaruh buruk, sebab rangking domain utama dengan subdomain itu beda optimasi (beda blog).

Apa subdomain dengan www itu berbeda?

Perlu untuk dipahami, sebenarnya www yang ada di depan juga merupakan sub. Akan tetapi, www sering dijadikan sebagai alamat utama jadinya banyak yang menganggap sebagai alamat induk blog.

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat Anda dapat berkontribusi dengan mengeklik tautan di bawah ini:

Donasi Sekarang

YOU IS THE BEST