-->

Penyebab Konten Website Tidak Bisa Dicopy

 


Ada beberapa penyebab web tidak bisa di copy. Mulai dari konten yang sengaja diproteksi oleh pemilik ataupun karena memang sistemnya yang tidak mendukung fungsi tersebut.

1.Pemilik Web Ingin Melindungi Konten

Salah satu alasan utama yang menyebabkan Anda tidak bisa mengcopy konten dari sebuah website adalah karena kontennya memang sengaja dilindungi oleh pemilih website.

Perlindungan konten ini sebagai langkah atau upaya agar konten tidak sembarangan di copy oleh orang lain, sehingga keunikan konten masih tetap terjaga.

2.Klik Kanan Dimatikan Oleh Admin Website

Dalam beberapa kasus, pemilik website seringkali sengaja mematikan fungsi klik kanan pada website agar pengunjung tidak bisa melakukan copy ataupun inspect element.

Jika sahabat Qwords menemukan website dengan kasus seperti di atas, maka salah satu solusinya yakni dengan mengaktifkan javascript di browser.

Cara Copy Paste Website yang Tidak Bisa Dicopy


Berikut ini merupakan beberapa cara copy paste web yang tidak bisa dicopy. Metode di bawah ini bisa Anda coba dan gunakan sesuai kebutuhan.

1.Matikan Javascript

Cara pertama yang bisa sahabat Qwords gunakan adalah dengan mematikan javascript di browser.  

Lantas, bagaimana cara mematikan javascript di browser? Cara mematikan javascript di berbeda-beda tiap browser. 

Untuk Mozilla Firefox Anda bisa menggunakan command “about:config” yang bisa diakses melalui address bar.

Kemudian cari menu “javascript:enable” untuk dinonaktifkan dengan cara klik dua kali pada bagian barisnya.

Sementara untuk Google Chrome Anda bisa menonaktifkan Javascript melalui menu di pojok kanan atas. Setting > Advance kemudian ke bagian Privacy and Security > Content setting > klik Javascript > Allowed <recommended).

2.Copy dari Halaman Dialog Print

Cara ini sebenarnya bukan best practice atau cara terbaik untuk mengcopy konten dari halaman website yang diproteksi.

Anda bisa mengambil konten dari halaman yang diproteksi dengan cara memunculkan halaman dialog Print yang tersedia di semua web browser.

Cara mengaktifkan dialog halaman print sendiri yakni dengan menekan tombol CTRL + P dari keyboard komputer atau laptop di halaman yang ingin di copy.

Setelah halaman dialog Print muncul Anda bisa melihat di bagian sebelah kanan (preview) lalu bisa langsung disalin teksnya.

3.Menggunakan Inspect Element

Jika kedua cara diatas masih belum bisa mengatasi permasalahan Anda, maka bisa menggunakan metode inspect element sebagai tools tambahan.

Cara menggunakan inspect element sendiri sangat mudah dan gampang, yakni tinggal klik kanan di teks yang ingin disalin kemudian memilih tombol Inspect Element.

Untuk cara cepatnya Anda juga bisa menggunakan tombol CTRL + Shift + I. Adapun kekurangan dari metode ini yakni harus memilah antara kode HTML dan konten teks yang ingin disalin.

4.Menginstal Ekstensi Browser

Anda bisa memanfaatkan ekstensi browser Absolute Enable Right Click & Copy untuk mengatasi website yang tidak bisa di-copy.

Anda bisa menginstal ekstensi ini di browser Google Chrome atau Mozilla Firefox tergantung apa yang Anda gunakan.

Selain ekstensi tersebut, sebenarnya masih ada beberapa pilihan lain yang bisa digunakan. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5.Akses Konten Lewat Halaman AMP

Untuk mengakses halaman website yang diproteksi salah satunya sahabat Qwords bisa mengakses melalui halaman AMP.

Apa itu AMP? AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages, sebuah fitur dari Google untuk mengakomodir loading website ketika diakses menggunakan jaringan seluler.

Anda bisa memanfaatkan tampilan website AMP karena struktur websitenya tidak menggunakan javascript ataupun kode lain yang terlalu rumit.

Untuk mengaksesnya pun bisa dilakukan melalui smartphone maupun desktop dengan menambahkan parameter /amp.

Semoga bermanfaat.

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat Anda dapat berkontribusi dengan mengeklik tautan di bawah ini:

Donasi Sekarang

YOU IS THE BEST