-->

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop di Windows Tanpa Bongkar


Jika anda menggunakan sistem operasi Windows, maka anda dapat mengetahui spek dari PC Desktop atau Laptop anda tanpa harus membongkarnya. Selain itu anda juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, karena yang digunakan hanyalah tools bawaan yang disediakan Windows.

1. Melihat spesifikasi komputer melalui DirectX Diagnostic Tools

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk mengetahui spesifikasi PC Desktop atau Laptop tanpa harus bongkar anda bisa menggunakan tools bawaan Windows yaitu DirectX Diagnostic Tools. Tool ini juga lebih dikenal pengguna Windows dengan sebutan dxdiag. Cara menggunakan tools ini juga sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka DirectX Diagnostic Tools di Laptop atau Komputer Windows yang digunakan. Cara membukanya adalah dengan menekan Win + R di Keyboard, lalu ketikkan dxdiag kemudian tekan Enter.
Cara membuka dxdiag melalui Run
Setelah itu jendela informasi mengenai spesifikasi PC Desktop atau Laptop anda akan ditampilkan. Pada menu DirectX Diagnostic Tools terdapat 4 tab yang berisi informasi berbeda, antara lain:

  • System menampilkan beberapa informasi umum mengenai spesifikasi Komputer anda.
  • Display berisi informasi mengenai hal yang berhubungan dengan kartu VGA yang terdapat pada Komputer anda.
  • Sound menampilkan kartu suara (sound card) beserta driver yang digunakan pada Komputer anda.
  • Input menampilkan perangkat input (input devie) yang digunakan pada Komputer anda, misalkan mouse dan keyboard.

Cara mengetahui spesifikasi PC Laptop tanpa bongkar via dxdiag

2. Melihat spesifikasi komputer melalui Command Prompt (CMD)

Cara kedua yang dapat anda gunakan untuk mengetahui spesifikasi Laptop atau Komputer di Windows adalah menggunakan CMD. Cara ini juga sangat mudah digunakan dan hanya memerlukan tool bawaan Windows, yaitu CMD yang tentu sudah sering digunakan. Untuk melakukan cara kedua ini, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama silahkan anda membuka CMD di Laptop atau Komputer Windows yang digunakan. Pada jendela CMD yang muncul ketikkan systeminfo kemudian tekan Enter pada Keyboard. Setelah itu, maka pada jendela CMD tersebut akan ditampilkan spesifikasi lengkap dari PC Desktop atau Laptop anda.
Cara mengetahui spesifikasi Komputer dan Laptop tanpa bongkar melalui CMD
Itulah cara mudah melihat dan mengetahui spesifikasi PC Desktop atau Laptop di Windows tanpa harus bongkar. Silahkan gunakan cara ini jika anda ingin tahu tentang spesifikasi lengkap dari Laptop atau Komputer yang sedang digunakan. Dengan demikian anda dapat menyesuaikan aplikasi atau game yang anda install dengan spesifikasi PC Desktop atau Laptop tersebut.

Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat Anda dapat berkontribusi dengan mengeklik tautan di bawah ini:

Donasi Sekarang

YOU IS THE BEST